Minggu, 19 Februari 2012

////

Tips Membeli Laptop atau Notebook Bekas (Second)

Bila kita ingin membeli sesuatu dengan harga murah, banyak di antara produk - produk yang di beli tersebut mudah rusak meskipun baru beberapa kali pakai. Sebagian orang ada yang memilih menggunakan produk second / bekas dari merk tertentu yang terbukti lebih awet meskipun ini adalah barang yang telah lama dipakai dan bukan baru lagi.

Tips Membeli Laptop atau Notebook Bekas (Second)
Tips Membeli Laptop atau Notebook Bekas (Second)

Untuk anda yang sedang mencari laptop atau notebook bekas (second) jangan terburu - buru untuk membeli. Silahkan pertimbangkan kondisi notebook / laptop yang hendak kita beli supaya nantinya tidak ada penyesalan telah membeli produk second tersebut.


Berikut beberapa tips ringan sebelum membeli laptop atau notebook bekas (second) :

Pelajari Spesifikasi Laptop atau notebook bekas / second

Sebelum memutuskan untuk membeli laptop / notebook bekas (second) sebaiknya kita pelajari lebih dulu spesifikasinya dan kemudian kita pahami fitur - fiturnya apakah telah sesuai dengan yang kita mau atau belum.

Amati Komponen luar laptop atau notebook bekas / second

Kita amati hardware laptop / notebook bekas yang hendak kita beli. Pastikan laptop / notebook tersebut tidak memiliki kerusakan terutama pada casingnya. Bila kita tahu bahwa casing tersebut pernah rusak, kemungkinan besar sang pemilik sebelumnya tidak begitu baik dalam merawatnya.
Hal serupa juga kita lakukan pada bagian laptop / notebook lainnya seperti bagian layar, Keyboard dan Touchpad. Pastikan juga komponen lainnya tidak mengalami masalah.

Amati Komponen dalam laptop atau notebook bekas / second

Selain komponen luar, kita perhatikan juga komponen dalamnya. Kita cari laptop / notebook yang memiliki memori, prossesor dan harddisk yang sesuai dengan apa yang kita inginkan dan ini menunjang apa yang kita butuhkan. Satu lagi hal yang harus kita amati adalah baterai, kita pilih laptop dan notebook bekas / second yang tahan lama meskipun ini sangat sulit diwujudkan untuk sebuah laptop dan notebook bekas / second sebab pada dasarnya semakin lama pengunaannya sebuah baterai akan lebih lemah.

Bandingkan dengan harga laptop / notebook yang baru

Bila semua hal di poin sebelumnya telah memenuhi syarat dan tak ada masalah alias lolos, sebelum melakukan deal dengan sang penjual kita bandingkan dulu dengan harga laptop / notebook baru. Ini sangat perlu kita lakukan, dengan mengetahui harga yang baru di pasaran saat ini dengan yang bekas / second kita tidak akan mudah tertipu dan semoga bisa mendapat harga yang terjangkau.

Terima kasih telah membaca Tips Membeli Laptop atau Notebook Bekas (Second), semoga bermanfaat untuk anda.

Source : Berbagi Ilmu Komputer

1 Reaction to this post

Add Comment
  1. momod mengatakan... 20 Februari 2012 06.35

    lebih suka beli baru sih, kalau bekas pasti baterainya bermasalah ..

    oh ya, mau tanya mas tau info xp lebih baik dari os windows lain darimana ya? boleh minta sumbernya?

Posting Komentar